Meningkatkan Sportivitas di Masa Pandemi melalui Kegiatan POM

Meningkatkan Sportivitas di Masa Pandemi Melalui Kegiatan POM

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM — POM (Pekan Olahraga Matematika) adalah salah satu perlombaan dari bidang bakat dan minat HIMATIKA Vektor yang bergerak di bidang keolahragaan dan e-sport. Tujuan diadakannya POM ini adalah untuk mewadahi bakat dan minat mahasiswa jurusan matematika untuk berkompetisi dengan sportif di bidang olahraga dan e-sport, mempererat hubungan antara mahasiswa jurusan matematika Universitas Negeri Malang, dan memperkenalkan Pekan Olahraga Matematika (POM) pada khalayak umum.

POM 2021 mengusung tema “Show Your Skills with Sportivity and Solidarity”, yang berarti tunjukkan kemampuanmu dengan sportivitas dan solidaritas. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat menunjukkan kemampuan mereka dengan semaksimal mungkin. Selain itu, peserta juga diharapkan dapat berkompetisi dengan sportif dan solidaritas peserta dapat meningkat. Perbedaan POM tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah adanya cabang olahraga baru, yaitu Virtual Run (VR). Virtual Run ini merupakan perlombaan lari yang dilaksanakan secara virtual.

POM 2021 dapat diikuti oleh banyak kalangan. Diantaranya adalah pelajar dan mahasiswa umum untuk cabor ML, mahasiswa aktif UM untuk cabor catur, dan mahasiswa aktif jurusan Matematika UM untuk cabor VR. Dimana pendaftaran akan diadakan selama beberapa hari. Dengan target peserta ML sebanyak 16 tim, Catur sebanyak 16 peserta, dan VR sebanyak 25 peserta dengan 15 peserta laki-laki dan 10 peserta perempuan. Banyak upaya yang dilakukan panitia untuk mencapai target tersebut, salah satunya dengan mewajibkan setiap offering untuk mengirimkan delegasi pada cabang olahraga Virtual Run. Selain itu, panitia juga mem-follow up mahasiswa setiap harinya untuk mengikuti kegiatan POM ini. Mulai dari download aplikasi hingga pengisian link pendaftaran setiap cabor.

POM tahun ini akan mengadakan tiga macam perlombaan, yaitu Mobile Legend (ML), Catur, dan Virtual Run (VR). Untuk cabang olahraga ML, akan dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi mobile legend. Dimana setiap tim akan bertarung dengan tim lainnya. Pada babak semifinal dan final akan dilaksanakan secara live streaming. Untuk cabang olahraga Catur, akan dilakukan dengan menggunakan aplikasi lichess. Yang nantinya peserta akan bertanding satu sama lain. Pada saat pertandingan berlangsung, peserta juga akan join ke dalam zoom meeting, agar panitia dapat memantau peserta dalam perlombaan. Selanjutnya untuk cabang olahraga VR, akan menggunakan aplikasi Strava. Peserta putra lari dengan jarak 3000 M, dan putri 1000 M. Dimana penilaiannya nanti akan diurutkan berdasarkan waktu tempuh tercepat.

Pendaftaran kegiatan ini dilakukan pada tanggal 10 Mei5 Juni 2021. Setelah itu, akan diadakan Technical Meeting pada tanggal 15 Juni 2021. Kegiatan POM 2021 dilaksanakan selama tiga hari, yakni pada tanggal 1820 Juni 2021. Pada hari pertama akan diadakan pembukaan, kemudian dilanjutkan babak penyisihan dan semifinal cabor Catur, serta babak penyisihan cabor ML. Pada hari kedua akan dilaksanakan babak final cabor Catur, kemudian dilanjutkan babak semifinal cabor ML dan pada hari ketiga akan dilaksanakan perlombaan VR dan dilanjutkan babak final cabor ML.

Berpartisipasi dalam kegiatan POM ini selain mengikuti perlombaan, peserta juga mendapatkan pengalaman dalam berkompetisi melawan beberapa peserta di dalam maupun luar Universitas Negeri Malang (UM). Yuk, teman-teman! Kapan lagi dapat berkompetisi sekaligus menambah relasi dengan mengikuti perlombaan di POM ini? Kesempatan tidak datang dua kali, jadi tunggu apalagi? Berikut link pendaftaran setiap cabang olahraga POM 2021.

Cabor Mobile Legend             : http://bit.ly/PendaftaranMLPOM2021

Cabor Catur                             : http://bit.ly/PendaftaranCaturPOM2021

Cabor Virtual Run                  : http://bit.ly/PendaftaranVRPOM2021

 

Reporter: Anita Zahroh, Ely Nurdina Aidananda

Redaktur: Salsabila Ayu ZhianaPutri

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top